Kapal Perang KRI Banjarmasin-529 Dikirim Ke Samota Sumbawa, Ada Apa?

Pasukan Ranger pelopor brimob Kapal Perang KRI Banjarmasin-529 Dikirim Ke Samota Sumbawa, Ada Apa?
Foto: tnial.mil.id

Serdadu.ID Pada musim ini Indonesia mendapatkan hak menjadi tuan rumah di ajang Seri Kejuaraan Dunia Motorcross kelas teratas dalam Motocross World Championship yang digelar oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) yang akan berlangsung di Samota, Sumbawa.

Guna mendukung kelancaran ajang bergengsi berkelas dunia “MXGP Indonesia 2022” tersebut kapal perang TNI AL KRI Banjarmasin dengan nomor lambung 592 berangkat menuju sumbawa dan tiba di pelabuhan pada Rabu, 22 Juni 2022. Kedatangan KRI Banjarmasin di pelabuhan Sumbawa langsung disambut oleh Prajurit Pangkalan TNI AL Mataram dengan melaksanakan Merflu.

Dikirimnya KRI Banjarmasin-529 ini guna mendukung akomodasi, yakni sebagai “hotel apung” yang diperuntukan bagi apra penonton ajang MXGP yang tidak mendapatkan tempat menginap, karena jumlah hotel di sekitar lokasi ajang pelaksanaan MXGP jumlahnya sangat terbatas.

Baca Juga:

Kedatangan KRI Banjarmasin-529 ini juga merupakan salah satu permintaan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkifliemansyah S.E., M.Sc. Selain itu, hal itu juga merupakan perwujudan dari perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Yudo Margono yang memerintahkan agar seluruh prajurit TNI Angkatan Laut selalu menjaga kepercayaan negara dan kepercayaan rakyat terhadap TNI AL agar melalui kerjanya nyatanya bermanfaat untuk institusi, masyarakat, dan negara.

Pada kesempatan tersebut Komandan Lanal Mataram, Kolonel Laut Djawara Whimbo mengatakan bahwa lanal mataram akan mendukung ajang MXGP Indonesi 2022 dengan menjamin kelancaran teknis KRI Banjarmasin-529 mulai dari personel, material hingga logistik.

“Lanal Mataram akan mendukung baik personel, material dan Logistik untuk menjamin kelancaran teknis KRI Banjarmasin-592 dalam mendukung MXGP di Samota, Kabupaten Sumbawa”. katanya.

Baca Juga:

Lebih lanjut, Kolonel Laut Djarwo Whimbo mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dan bekerjasama dengan beberapa institusi seperti Pelindo dan KSOP.

“Karena itu kami telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan berbagai instansi setempat seperti Pelindo dan KSOP untuk memastikan kesuksesan ajang ini,” lanjut Djawara Whimbo.

Sementara itu, Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut Bambang Purnomo menjelaskan bahwa KRI Banjarmasin-529 bisa menampung kurang lebih 320 orang.

“Secara Keseluruhan KRI Mampu menampung hingga kurang lebih 320 orang, dengan catatan 100 orang diakomodir menggunakan tidur lapangan atau velbed,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.